Yuk Kenali Macam-macam Jenis Kaca Ini untuk Rumah Kamu!

Pernah nggak kamu bertanya-tanya kenapa sebuah rumah harus memiliki kaca? Ternyata, pemakaian kaca pada sebuah rumah ada fungsinya lho. Mungkin selama ini kamu nggak tahu aja kalau sebenarnya pemasangan pada kaca memiliki fungsi yang luar biasa. Beberapa fungsi dan kegunaan kaca antara lain adalah untuk melindungi kamu dari pancaran sinar matahari, melindungi dari tekanan suhu yang ekstrem, serta untuk mengontrol intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah. Makanya, jangan asal pilih kaca untuk rumah kamu. Sesuaikan fungsi dan kegunaan kaca yang kamu beli sebelum memasangnya di rumah. Nah, buat kamu yang bingung memilih, berikut ini ada beberapa referensi jenis-jenis kaca. Check it out!

Jenis Kaca

Kaca Tempered

Kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca yang memiliki daya kekuatan yang sangat tinggi dibandingkan jenis kaca lainnya. Kaca ini mampu menahan masa berat hingga 3-5 kali lipat. Buat kamu yang tinggal di daerah beriklim ekstrem, kaca jenis ini sangat recomended untuk kamu pakai, sebab kaca berbahan tempered mampu menahan berbagai keadaan. Kaca ini juga memiliki struktrur dan karakteristik unik. Pecahan kacanya berbentuk bulat dan tumpul, sehingga aman dan nggak berbahaya buat orang yang berada di sekitar pecahan kaca tersebut. Untuk harga kaca berbahan tempered sangat bervariasi, tergantung ukuran yang kamu beli dan lokasi pembeliannya.

Kaca Es

Selanjutnya adalah kaca es. Berbeda dari kaca tempered, kaca jenis ini termasuk salah satu golongan kaca rumah yang unik karena memiliki tekstur di bagian permukaannya. Kaca jenis ini juga bisa membuat efek blur pada kaca, namun masih terlihat dekoratif. Kelebihan dari kaca jenis ini adalah kemampuannya dalam mengurangi jumlah intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Karena itulah, kamu nggak perlu takut bila ruangan rumah bakal jadi terlalu gelap atau terlalu terang. Cukup pasang kaca es di bilik jendela rumah kamu atau bagian pintu, maka kamu bisa merasakan berbagai kelebihan dari kaca es ini.

Kaca Rayban

Kaca Rayban

Berbeda dari jenis kaca berbahan tempered, kaca rayban atau yang biasa disebut juga sebagai kaca warna merupakan jenis kaca yang memiliki unsur warna di permukaannya. Warna yang ada dalam kaca ini sebenarnya terbuat dari campuran senyawa logam yang dipadukan dengan kaca bening, sehingga terciptalah kaca rayban. Ada beberapa warna kaca rayban yang saat ini beredar di pasaran, antara lain warna merah, kuning, hijau, oranye, hitam, biru, dan cokelat. Warna pada kaca rayban ini juga bisa di-request sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu mau warna yang pekat atau lebih transparan bisa diatur oleh pengrajinnya. Memasang kaca jenis ini pada rumah kamu bisa menambah keindahan dan keunikan. Kisaran budget untuk membeli kaca rayban cukup bervariatif.

Kaca Bening/ Transparan

Kaca Bening

Rekomendasi terakhir adalah kaca bening/ transparan. Nggak seperti kaca tempered, kaca bening ini merupakan salah satu kaca yang paling umum dipakai oleh orang banyak karena simple dan mudah dicari. Seperti namanya, kaca ini bersifat transparan atau tembus pandang. Sangat cocok diaplikasikan pada rumah-rumah berdesain modern dan minimalis. Namun, kaca ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mampu mengontrol cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah dengan baik. Karena itulah, kaca ini lebih cocok digunakan sebagai dekorasi interior, bukan eksterior, misalnya untuk pembatas ruangan, dinding kamar mandi, atau jendela di dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *