4 Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca dengan Benar agar Awet

Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca

Memilih pintu kaca untuk ruangan kantor atau rumah mampu meningkatkan penampilan ruangan. Bukan hanya itu saja, kaca dipilih sebagai pintu karena ketahanannya. Apalagi jika Anda memilih kaca tempered yang super kuat. Kaca tempered bahkan seringkali digunakan untuk atap balkon atau lobi sebuah gedung. Selain ketahanannya, penampilan kaca juga sangat berbagai,

Apapun desain yang ingin Anda terapkan dalam sebuah ruangan? Ada banyak pilihan motif dan tekstur kaca yang bisa digunakan. Tapi ada satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan. Pintu bahan kaca jenis dan model apapun harus dirawat dengan benar agar bisa bertahan lama. Salah satu cara merawatnya adalah bagaimana penggunaannya.

Tips Penggunaan Pintu Berbahan Kaca yang Tepat agar Awet

Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca

Setelah memilih kaca sebagai pintu, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan dan membersihkannya? Pastinya Anda ingin memiliki pintu yang bisa bertahan lama, baik dari segi struktural dan juga penampilannya. Penggunaan pintu material kaca tidak bisa sembarangan, Anda harus menggunakannya secara hati-hati serta membersihkannya. Berikut ini beberapa cara penggunaan dan membersihkan agar pintu bahan kaca bisa awet.

  • Cara membuka dan menutup

Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca

Berbeda dengan pintu kayu yang mungkin saja Anda bisa menggunakannya sembarangan, baik itu cara membuka dan menutupnya. Hindari membanting pintu apapun alasannya. Anda harus membuka pintu dengan lebih hati-hati. Pintu sebaiknya jangan dipaksa dibuka ketika dalam keadaan terkunci. Pastikan Anda sudah membuka kunci sebelum mendorong atau menggesernya. Menutup pintu sembarangan tanpa memperhatikan apakah ada benda tumpul di dekatnya sangat berbahaya. Walaupun Anda menggunakan kaca tempered sekalipun, kaca tetap akan tergores karena benda tersebut.

  • Merawat bagian railing

Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca

Anda mungkin akan menggunakan pintu geser atau pintu lipat. Bagian railing pada pintu paling jarang diperhatikan. Padahal bagian tersebut adalah yang penting untuk dirawat. Jika tidak dirawat, railing akan mudah berkarat yang membuat pintu susah dibuka. Pemberian minyak atau oli bagian ini harus dilakukan secara rutin. Sebelum kerusakan muncul, pastikan Anda mengolesi railing dengan minyak setidaknya satu bulan sekali. Apalagi jika rumah Anda cenderung memiliki kelembaban yang sangat tinggi.

  • Cara membersihkan

Tips Menggunakan Pintu Berbahan Kaca

Tampilan kaca bisa saja transparan atau buram, namun bukan berarti tampilan yang sama tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Anda harus rajin membersihkan semua debu dan kotoran dengan cairan pembersih kaca khusus. Fungsinya agar tampilannya tetap normal, karena kotoran tersebut akan menimbulkan goresan.

Ketika pintu terkena kotoran atau cairan sebaiknya segera bersihkan. Cairan yang menodai pintu akan membekas jika Anda tidak segera membersihkannya. Pastikan saja setelah membersihkan dengan sabun khusus kaca, keringkan. Sehingga tidak ada noda air yang membekas.

  • Berikan karet

Teliti kembali pintu kaca yang sudah dipasang oleh tukang. Pintu harus memiliki lapisan karet atau busa pada bagian ujung-ujungnya. Fungsinya adalah sebagai peredam sehingga pintu tidak akan mencederai penggunanya karena terlalu tajam. Fungsi yang kedua adalah sebagai penahan sehingga pintu tidak mudah rusak terbentur. Khususnya pada pintu geser, selain busa atau karet bisa juga diberikan frame aluminium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *