Memaksimalkan Ruang Dengan Pintu Kamar Mandi Aluminium Sliding

Ruang Pintu Kamar Mandi Aluminium Sliding

Pintu kamar mandi bisa jadi menempati urutan paling bawah dari daftar belanja renovasi rumah atau perbaikan lainnya. Mungkin letaknya yang paling belakang serta bukan sesuatu yang layak di “pamerkan” untuk para tamu sehingga pintu kamar mandi dan atribut yang menyertainya seakan dikesampingkan. Tetapi jika kehilangan pintu kamar mandi, maka urusan yang semula tampak sepele berubah menjadi masalah besar. Anda tidak bisa lagi leluasa di “bilik merenung” ini selagi pintu kamar mandi menganga terbuka lebar.

Pintu kamar mandi dengan segala atributnya tentu saja sangat penting keberadaannya. Pintu kamar mandi yang selalu basah ini akan cepat lapuk atau terjadi korosi sehingga keberadaan pintu kamar mandi tidak awet.  Maka dicarilah solusi berupa pintu kamar mandi yang tahan air sehingga tidak terjadi korosi seperti pintu plastik yang mudah hancur atau pintu kamar mandi aluminium yang kuat, tahan air, dan anti korosi.

Ruang Pintu Kamar Mandi Aluminium Sliding

Manfaat Pintu Kamar Mandi Aluminium Sliding

Pintu kamar mandi dengan bentuk bukaan sliding atau bergeser ke samping secara tata ruang memanfaatkan ruang yang terbatas sehingga ruang menjadi maksimal terisi. Cara ini umum dilakukan pada ruang-ruang terbatas akibat keterbatasan lahan. Dibandingkan dengan model bukaan pintu konvensional, model bukaan pintu sliding memberi efisiensi 30% dari luas bidang. Sebenarnya cara ini bisa pula dilakukan untuk setiap pintu jika alasan utamanya adalah penghematan ruangan. Di samping itu, bahan pintu kamar mandi berupa aluminium dapat mempertahankan keawetan karena anti karat, ringan, dan kuat.

Pada kebanyakan rumah minimalis, keberadaan pintu geser tidak hanya dimonopoli oleh pintu aluminium kamar mandi, melainkan hampir semua pintu dapat menggunakan cara ini. Hal ini digunakan untuk menciptakan efek luas pada ruangan dan hemat energi pada sisi penerangan. Manfaat lain pintu geser pada hunian dengan luas terbatas adalah terjadinya efek keterkaitan pada setiap ruang.

Kekurangan Pintu Kamar Mandi Aluminium Sliding

Dibalik manfaat besar yang saat ini digandrungi banyak warga, pintu kamar mandi aluminium sliding juga menyimpan beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling terasa adalah ketidakmampuan pintu menutup dengan sempurna. Selalu saja pintu meninggalkan celah kecil walau telah ditutup rapat. Celah ini, bagaimanapun, dapat membawa aroma kurang sudap kamar mandi ke ruangan yang lain. Ketidaksempurnaan sistem tutup ini diakibatkan karena ketiadaan gap yang umumnya dibuat pada pintu berbahan kayu. Tetapi saat ini di pasaran telah tersedia gap isolasi untuk menutup celah ini. Cara penggunaanya cukup mudah, tarik isolasi gap dan ukur sesuai panjang, gunting dan rekatkan.

Kekurangan yang paling dirasakan dari pintu kamar mandi berbahan aluminium sliding adalah bobotnya yang lumayan berat sehingga sulit untuk dieksekusi. Dalam beberapa kasus, rangka dari pintu ini sudah berat, ditambah dengan daun pintu aluminium, maka bobot beratnya semakin menjadi-jadi. Tetapi cara ini ternyata juga mudah diatasi, yaitu dengan memilih tukang yang berpengalaman dan terlatih sehingga tahu persis apa yang akan dilakukan. Jika Anda ragu, katakan bahwa Anda menginginkan bobot pintu yang ringan, biasanya tukang akan memilih material yang ringan terutama pada sisi roda dan rel. Roda dan rel yang berjalan sangat lancar akan meringkankan beban menutup atau membuka pintu geser. Untuk menghindari beratnya menutup atau membuka pintu sliding, minyaki bagian ini secara rutin. Sebab jika pintu macet didorong paksa akan merusak bagian pintu itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *