Cara Membuat Neon Box Akrilik

Cara Membuat Neon Box Akrilik

Neon box merupakan sejenis billboard atau papan reklame, namun bisa menyala terang dan terlihat berwarna-warni. Lampu neon yang diletakkan di dalam kerangka papan reklame tersebut yang membuat neon box bisa menyala terang. Neon box akan terlihat sangat atraktif dan mencuri perhatian, terutama di malam hari. Dengan demikian, tak mengherankan bila neon box ini menjadi salah satu media beriklan yang efektif untuk diletakan di tempat ramai.

Memiliki Neon Box Tak Perlu Modal Terlalu Besar

Apabila kamu memiliki sebuah usaha, tentu ada keinginan untuk mempopulerkannya lewat papan reklame yang diletakan di jalanan ramai. Dibandingkan billboard biasa, neon box lebih menarik perhatian dengan nyala lampunya yang berwarna warni. Sehingga tidak ada salahnya bila kamu mencoba untuk beriklan menggunakan neon box.

Saat ini banyak tersedia jasa pembuatan neon box. Harga yang ditawarkan tentu bermacam-macam, tergantung pada bahan serta model neon box yang kamu inginkan. Namun bagaimana apabila kamu ingin memiliki sebuah neon box, namun harga yang ditawarkan di pasaran tidak sesuai budget? Jawabannya, tentu dengan membuat sendiri neon box tersebut. Benar, ada cara membuat neon box akrilik yang sederhana. Dengan demikian kamu tetap bisa memiliki neon box, tanpa perlu keluar modal yang melebihi budget.

Cara Membuat Neon Box Akrilik

Terdapat tiga cara membuat neon box, yaitu :

1. Menggunakan teknik printing. Mencetak gambar dengan printing memang cepat dan relatif murah. Sayangnya warna pada gambar yang dibuat dengan teknik ini tak bisa bertahan lama atau cepat memudar.

2. Teknik pengecatan langsung pada akrilik. Untuk membuat gambar dengan teknik ini, dibutuhkan keahlian melukis atau mengecat yang baik

3. Dengan menggunakan cutting sticker. Dengan cara ini warna neon box bisa bertahan cukup lama. Teknik pembuatannya bisa secara manual atau menggunakan mesin cutting.

Berikut Cara Membuat Neon Box Akrilik

Dengan membuat sendiri, kamu tetap bisa memiliki neon box yang awet, bagus dan dengan biaya yang relatif murah. Kamu bisa mencari sendiri bahan-bahan yang akan digunakan, lalu memilih yang paling ekonomis. Berikut ini merupakan cara membuat neon box akrilik dengan menggunakan cutting sticker.

1. Membeli sticker cutting. Biasanya sticker cutting tersedia di toko perlengkapan sablon. Ada banyak merk sticker di pasaran. Jenis sticker juga berbagai macam, ada yang transparan dan yang tidak. Apabila ingin neon box yang sangat terang, bisa dipilih jenis sticker yang transparan. Dengan demikian cahaya neon dapat menembus sticker sehingga neon box lebih terang dan menyala.

2. Persiapkan gambar atau pola yang kamu inginkan untuk neon box kamu, lalu print di atas sticker. Kamu juga bisa membuat sendiri pola yang sederhana pada sticker.

3. Buat atau rakit rangka neon box. Berbagai bahan bisa digunakan untuk rangka, dari mulai kayu, plat, besi hingga aluminium. Paling ideal bila menggunakan rangka besi hollow dan frame aluminium. Kamu bisa memesannya di toko aluminium, namun untuk ukuran standar ada ready stock yang dijual.

Cara Membuat Neon Box Akrilik

4. Pasang instalasi lampu neon pada rangka.

5. Memotong dan memasang sticker pada akrilik. Untuk hasil yang terjamin rapi, kamu bisa menggunakan jasa cutting sticker untuk mengerjakannya. Pemasangan sticker sendiri juga bisa dilakukan. Basahi dulu akrilik yang telah dipotong sesuai pola. Kemudian akrilik basah diusap sabun (sabun cuci piring atau shampo). Dengan demikian sticker tak langsung merekat pada akrilik dan bisa diatur posisinya. Setelah posisinya tepat, ratakan sticker dengan menggunakan alat (misalnya penggaris) untuk mengeluarkan air,  agar sticker tak bergelombang.

Cara Membuat Neon Box Akrilik

6. Rekatkan akrilik pada rangka, lalu neon box siap digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *