Cara Cerdas Melakukan Perawatan pada Wallpaper Kamar Anak

Selesai merancang kamar anak menjadi semenarik mungkin, mulai dari pemilihan furniture hingga wallpaper maka langkah selanjutnya adalah perawatan. Merawat tidak semudah membeli, perlu dilakukan secara berkala untuk membuat ruangan terus bersih dan juga nyaman. Anda mungkin telah memilih wallpaper kamar anak dengan berbagai macam motif dan juga warna. Namun tanpa perawatan yang tepat, wallpaper lebih mudah rusak karena jamur atau terkena goresan ketika anak sedang bermain.

Daripada menggunakan cat dinding, wallpaper adalah pilihan yang sangat tepat untuk digunakan pada kamar anak. Dinding dengan wallpaper bisa memiliki lebih banyak tema dan menarik. Ada banyak motif yang sesuai dengan kesukaan anak. Ditambah lagi Anda bisa menggantinya dengan lebih mudah jika ingin melakukan penggantian gaya ruangan.

Wallpaper bisa bertahan dengan lama bahkan bertahun-tahun apabila perawatan yang dilakukan rutin dan benar. Anda bisa melakukan perawatan wallpaper kamar anak sendiri dan biaya yang dilakukan pun tidaklah sulit. Jadi bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan perawatannya?

Wallpaper Kamar Anak

Strategi Efektif Merawat Wallpaper pada Kamar Anak

Ada dua hal yang harus selalu diingat untuk membuat wallpaper dinding kamar anak tahan lama. Pertama adalah kebersihan ruangan dan kedua adalah tingkat kelembabannya. Melalui dua kunci utama ini Anda bisa dengan mudah mengetahui apa saja perawatan yang bisa ditempuh untuk menjaga ketahanan wallpaper.

Beberapa strategi efektif untuk merawat wallpaper pada kamar anak dengan rutin adalah sebagai berikut ini.

  • Memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik

Demi menjaga kelembaban ruangan tetap stabil dan tidak meningkat, sirkulasi udara harus terus dipantau. Setiap pagi bukalah jendela sehingga udara di dalam ruangan berganti dengan yang baru. Dengan begitu kelembaban ruangan akan terus menerus berkurang. Anda tidak perlu lagi dengan masalah jamur yang seringkali muncul di dinding.

  • Bersihkan semua debu dan kotoran lengket

Jika Anda membuat kamar anak jadi satu dengan ruang bermain maka ruangan pasti lebih sering kotor. Selalu rapikan ruangan dan tata mainan dalam satu tempat yang tersusun dengan rapi. Bersihkan semua debu dengan kemoceng sesegera mungkin karena bisa menimbulkan goresan karena kandungan pasirnya. Jika terdapat kotoran lengket menempel di dinding segera bersihkan dengan kain yang sedikit dibasahi.

  • Pemasangan wallpaper harus benar

Perawatan sebenarnya dimulai ketika pemasangan dilakukan. Proses pemasangan yang benar dan kualitas lem terbaik akan membuat dinding wallpaper lebih tahan lama. Pertama permukaan dinding harus sudah merata sebelum pada akhirnya dipasang wallpaper. Kedua pengeleman yang dilakukan harus rata tidak boleh ada udara yang terperangkap di bawahnya. Kedua hal tersebut harus diperhatikan apalagi jika Anda menggunakan jasa untuk memasang wallpaper.

  • Jenis wallpaper yang digunakan

Sebaiknya perhatikan jenis wallpaper yang akan digunakan pada kamar anak. Hindari menggunakan wallpaper dari bahan kertas karena lebih mudah sobek karena sedikit goresan saja. Ada bahan wallpaper lainnya yang lebih kuat seperti vinyl. Selain itu permukaan wallpaper harus tahan terhadap air, Anda mungkin akan melihatnya seperti terdapat lapisan berminyak. Tetapi hal itu justru sangat baik mengingat kamar anak akan lebih sering digunakan.

Trik yang terakhir adalah mempelajari bahan-bahan alami yang biasa digunakan untuk membersihkan wallpaper. Misalnya saja seperti menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun akan membuat noda yang terdapat pada wallpaper vinyl. Bisa juga menggunakan air dan perasan air jeruk nipis untuk membersihkan noda yang lengket.

Apapun perawatan yang dilakukan Anda harus terus menerus melakukannya secara rutin. Jangan biarkan noda tertinggal dengan waktu lama karena akan semakin sulit membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *