Cara Ajari Anak Untuk Menjaga Kebersihan Kamar

Menyuruh anak untuk tetap menjaga kebersihan di sekitarnya memang tidak mudah, sebagai orang tua senantiasa harus lebih bersabar menghadapi tingkah anak-anak yang masih taunya hanya pada bermain saja. Namun sebagai orang tua juga harus melatih anaknya sejak dini untuk tetap menjaga kebersihan, tetapi kita sebagai orang tua juga harus memperlihatkan bahwa menjaga kebersihan disekitarnya adalah hal yang wajib agar hal itu bisa menjadi contoh untuk anak-anak. Seperti membersihkan rumah, halaman, selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudahnya atau setelah buang air besar atau buang air kecil, membuang sampah pada tempatnya atau mengajarkan kebiasaan positif lainya. Kita bisa mulai melatih anak supaya bisa menjaga kebersihan dari hal yang terkecil yaitu menjaga kebersihan di kamarnya sendiri.

Anak membersihkan kamar

Cara Mengajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan Dikamarnya

  • Buatkan jadwal kebersihan

Sebagai orang tua kita juga harus kreatif jika menyuruhnya hanya dengan omongan tidak bisa kita bisa menggunakan semacam jadwal kebersihan yang bisa berisikan speerti membereskan tempat tidur, Membereskan kembali mainan atau yang lainnya.

  • Berikan Pujian

Hal ini juga penting apabila anak telah mengerjakan tugas kebersihanya oberikan pujian kepada sang anak agar ia akan merasa senang, Di hargai dan merasa bangga pada dirinya sendiri.

  • Berikan Hadiah

Hal ini mungkin bisa membantu anak untuk semangat menjaga kebersihan kamarnya. Kita bisa membuat semacam report setiap seminggu atau sebulan lalu berikan hadiah sesuai hasil report tapi hal ini jangan keterusan memberikan hadiah kepada anak agar anak bisa mandiri dengan sendirinya tanpa mengharapkan hadiah apapun.

  • Membantu membersihkan kamarnya Bersama

Terkadang anak mempunyai seribu alasan untuk tidak membersihkan kamarnya namun sebagai orang tua jangan memarahinya atau membiarkannya, Orang tua bisa melakukanya bersama. Supaya anak merasa senang orang tua juga bisa membantu anaknya ketika membersihkan kamarnya seperti menyapu, mengepel atau lainnya.

  • Disiplin

Biasakan disiplin terhadap anak, Selalu ingatkan tugas-tugasnya untuk membersihkan kamar seperti  Memebersekan tempat tidur, menyapu, merapihkan kembali mainannya, tidak mencorat-caret tembok, merapihkan tempat belajar atau hal lainnya Kita bisa menyuruh anak untuk menjaga kebersihan dari hal yang terkecil sampai nantinya ia bisa melakukan semuanya.

Itulah 5 hal cara mengajari anak untuk menjaga kebersihan. Selain itu kita bisa menaruh tempat sampah kecil, ajari juga kepada anak supaya tidak makan di kamarnya dan kita juga bisa membuat suasana kamar semenarik mungkin kita bisa menghiasnya supaya lebih berwarna agar anak tertarik untuk tetap menjaga kebersihan kamarnya agar tetap bersih. Supaya kamar lebih berwarna kita bisa memasang wallpaper dinding kita bisa mendapatkan wallpaper tersebut yang jual wallpaper anak, selain itu harganya juga sangat terjangkau. Fungsi wallpaper juga bisa menutupi retak di dinding ataupun warna cat yang sudah memudar.

jual wallpaper anak

Kita bisa dapatkan wallpaper di online shop atau toko-toko yang jual wallpaper, harga wallpaper anak pun terjangkau serta memiliki banyak varian dari berbagai warna ataupun motif dan ada juga yang bercorak kartun sangat cocok jika di pasang di kamar anak.

Di pasangnya wallpaper semoga dapat membantu anak untuk menjaga kebersihan kamarya agar tetap rapih. Ajari anak dari hal yang terkecil untuk bisa menjaga kebersihanya sampai menjadi suatu kebiasaan di dirinya sampai dewasa nanti. Sebagai Orang tua juga tidak lupa dengan tugasnya jangan bosan untuk ingatkan anaknya untuk selalu membersihkan kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *