Butuh Wallpaper Untuk Kamar Mandi? Ketahui 5 Jenis Wallpaper Tahan Air Untuk Kamar Mandi Ini

Bagian dekorasi kamar mandi bisa juga pakai wallpaper. Walau umumnya dihindari karena pengetahuan umumnya wallpaper itu terbuat dari kertas yang tentu tidak sesuai dengan kamar mandi yang sering lembab dan basah. Padahal ada banyak loh wallpaper anti air dengan harga wallpaper dinding korea, motif polos atau geometris yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

wallpaper kamar mandi

Wallpaper Anti Air Untuk Kamar Mandi

Wallpaper untuk kamar mandi tentu berbeda dengan penggunaan ruangan lain. Pastinya harus anti air dan tidak mudah terkelupas bila kena basah atau diruangan lembab. Kini banyak yang jual wallpaper korea anti air dengan motif bervariasi yang tidak menyerap air dan cocok untuk dipasang dikamar mandi, diantaranya adalah:

1. Vinyl Wallpaper

Wallpaper paling populer untuk penggunaan di area lembab seperti kamar mandi. Jenis vinyl terdiri dari non-woven dan polimer vinil yang padat dan anti air. Warnanya pun akan terjaga serta tidak rusak setelah terkena air. Fitur penting lainnya adalah jenis pelapis dinding ini tidak bereaksi dengan ruangan yang lembab dan aman untuk penggunaan sehari-hari. Dibandingkan pilihan wallpaper lain, vinyl adalah wallpaper paling terjangkau dan ramah lingkungan.

2. Wallpaper Self-perekat (Self-adhesive)

Ada juga varian wallpaper yang sudah dilengkapi dengan perekat lem yang dipasang justru semakin kuat dengan membasahinya dengan air saja. Dari cara pemasangan tersebut saja sudah terbuhti bahwa material tersebut tahan air serta tahan lama. Jenis pelapis dinding ini akan merekat lebih lama dengan berjalannya waktu, dan tentu penggunaan dalam ruang tertutup tidak mempengaruhi perubahan warna atau teksturnya. Material ini juga memiliki fleksibel tinggi dan mudah dipasang terutama bagian kamar mandi yang memiliki banyak ornamen.

3. Heavy Duty Paper Wallpaper

Heavy Duty Paper Wallpaper

Sudah bisa dipastikan dari namanya saja, pelapis dinding ini memang diperuntukan untuk penggunaan diarea yang tidak biasa. Dikembangkan sejak abad XIX dengan produk merek yang terkenal pada saat itu hingga sekarang, ketahanan jenis wallpaper ini telah terbukti dengan waktu. Tampilannya kuat dan kokoh sesuai untuk aplikasi lembab. Fitur heavy duty secara harfiah berarti “tugas berat”. Jadi bisa dipastikan handal untuk area basah dan dapat dengan mudah dilap dengan kain. Kelebihan jenis wallpaper ini adalah varian motif timbul (emboss) dengan lapisan linen di belakangnya. Ketebalannya juga menjadi keistimewaan tersendiri yang akan memberikan rasa yakin bahwa pengunaannya pada kamar mandi akan sangat cocok.

4. Fiberglass Wallpaper

Ada lapisan serat kaca pada wallpaper ini jadi material handal yang tidak menyerap air. Pastinya jadi cocok untuk ditempel di dinding kamar mandi dan toilet. Banyak yang jual wallpaper ini dalam bentuk gulungan dengan berbagai varian lebar. Dengan material tersebut jadi tentu ramah lingkungan dan tidak akan menimbulkan polusi ketika berpadu dengan uap atau air. Ya, jenis wallpaper ini sangat ideal untuk kamar mandi dengan kelebihan yang tahan api, air, jamur dan tahan lama.

5. Cair Wallpaper

Wallpaper cair adalah pilihan yang paling tepat. Pengaplikasiannya sangat sesuai dengan kecenderungan kamar mandi yang akan sering basah. Jenis wallpaper ini adalah kombinasi antara wallpaper cair lem, serat alami, dispersi akrilik, serta pewarna. Keuntungan dari penggunaan wallpaper ini adalah berbentuk cair dan dapat menyesuaikan kondisi dinding.

Meski anggapan umum memasang wallpaper dinding di kamar mandi adalah sia-sia. Ketahuilah ada kok wallpaper yang dibuat dengan ketahanan pada air dan lembab. Sehingga menjadi opsi dekorasi kamar mandi yang bisa diterapkan atau tidak sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Kehadirannya memberikan pilihan untuk disesuaikan dengan berbagai gaya desain interior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *