Beragam Jenis Kaca Berdasarkan Bahan Pembuat Dan Tingkat Ketahanan Terhadap Benturan

Beragam Jenis Kaca Berdasarkan Bahan

Siapa sih yang asing dengan mendengar kata kaca? Semua orang pasti sudah mengenal kaca. Banyak barang-barang disekitar kita yang memang terbuat dari kaca, mulai dari peralatan makan, peralatan merias, bagian dari kontruksi rumah, bahkan pada barang-barang elektronik seperti layar smartphone dan televisi.

Pernahkah anda berfikir tentang bahan dasar membuat kaca tempered tersebut? Apakah sama bahan yang digunakan untuk membuat gelas kaca dan bahan pembuat kaca sebagai pintu rumah? Penasaran bukan? Mari kita simak penjelasan di bawah ini:

Jenis kaca berdasarkan bahan pembuatnya:

1. Kaca Sodalime atau Kaca Soda Gamping

Terbuat dari silika, fluks soda, kalsium dan stabilisator soda lime atau tanah liat kapur. Kaca jenis ini merupakan bahan dasar dari produk yang sering kita gunakan sehari-hari misalkan saja pada berbagai barang pecah belah, gelas minum dan piring makan, bahkan jendela rumah.

2. Kaca Silika Lebur

Kaca ini dibuat melalui proses peleburan kuarsa atau pasir murni pada suhu tinggi. memiliki ketahanan suhu yang tinggi dibanding kaca lain dengan ciri nilai ekspansi rendah dan titik pelunakan tinggi membuat kaca ini tahan terhadap radiasi ultravionet. Kaca ini digunakan sebagai kuvet untuk spektrometer UV-Visible.

3. Kaca Timbal

Sesuai dengan namanya yaitu kaca timbal, kaca ini menggunakan oksida timbal sebagai bahan dasarnya untuk mengantikan kalsium. Kandungan timbal pada kaca jenis ini sangat tinggi yaitu sekitar 82% membuat kaca ini resisten terhadap listrik sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar membuat kaca bola lampu atau perisai radiasi nuklir.

4. Kaca Borosilikat

Kaca ini terbuat dari bahan dasar boro oksida, alumina, silika dan soda yang mempunyai titik leleh yang tinggi dan tidak mudah pecah jika dipanaskan, tahan terhadap kejutan listrik yang besar. Cocok sebagai isolator tengangan tinggi dan juga untuk lensa teleskop.

5. Kaca Serat Optik atau Fiber Glass

Merupakan kaca khusus yang di desain sebagai bahan dasar membuat kabel serat optik. Kaca jenis ini dipakai para provider internet seperti Telkom untuk menyalurkan cahaya sinyal internet melalui kabel. Dengan kemampuan menyalurkan sinyal dengan kecepatan cahaya melalui kaca ini. Keuntungan mengunakan kaca ini pada kabel yaitu tidak memerlukan sumber listrik sehingga lebih hemat.

Jenis Kaca Berdasarkan Ketahanannya Terhadap Benturan:

1. Kaca Bening atau Float Glass

Memiliki tingkat ketahan paling rendah dibanding kaca lainnya. Sesuai namanya yaitu bening, ya memang kaca ini sangat bersih, bebas distorsi dan memberikan efek bayangan yang sempurna. Kaca jenis ini sering digunakan sebagai bahan bagunan seperti dekorasi lemari, akuarium, lapisan meja, cermin bahkan jendela. Kaca ini memiliki variasi ukuran yang sangat banyak yaitu 5mm, 6mm, 8mm dan 10mm. Ketebalan kaca ini bisa disesuaikan dengan fungsi sebagai apa dia akan dibuat.

Kaca jenis memiliki ketahanan benturan yang sangat rendah, bila terbentur kaca ini akan pecah membentuk butiran-butiran yang tajam sehingga sangat disarankan untuk memberikan perlindungan ekstra jika memilih menggunakan kaca satu ini. Pemasangan frame atau pelindung kaca sangat disarankan untuk melindungi kaca ini supaya tidak mudah pecah.

2. Kaca Tempered

Memiliki bahan dasar kaca bening atau float glass bedanya kaca ini dibuat dengan memanaskan bahan tersebut dengan suhu yang tinggi yaitu mencapai 700 derajad celcius yang kemudian didinginkan mendadak sehingga kaca ini memiliki ketahanan hingga 5x lipat dari kaca biasa. Jika pun pecah kaca ini hanya akan membentuk butiran kecil yang tumpul sehingga aman bagi manusia. Karena ketahanan ini kaca tersebut sering digunakan sebagai pintu bahkan dinding pada kantor-kantor.

Dengan keunggulan kaca ini dibanding kaca biasa harga beli kaca ini pun jauh lebih besar. Harga kaca tempered 8mm terpasang bisa mencapai Rp400.000 permeter persegi, lebih mahal hampir 3 kali lipat dibanding kaca bening biasa yang dibandrol hanya Rp150.000 permeter persegi.

3. Kaca Laminated

Memiliki ketahanan benturan paling besar dibanding jenis kaca lain. Bila tekena benturan yang menyebabkan pecahnya kaca laminated tidak akan berhamburan, tapi hanya retak dan sangat sulit ditembus. Karena memiliki ketahanan paling tinggi kaca ini sering ditemui sebagai bahan pembuat atap kaca, skylight atau bahkan dinding kolamm renang.

Beberapa jenis kaca di atas dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Selamat mendesain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *