4 Desain Kanopi yang Unik untuk Diterapkan Pada Teras Rumah

Ketika Anda membeli rumah baru di perumahan, kebanyakan bagian taman tidak memiliki atap. Oleh karena itu pemilik rumah harus memberikan atap tambahan sendiri. Justru inilah keuntungannya, karena Anda bisa memilih desain dan material. Anda bisa membuat kanopi kaca, kanopi dari seng atau dari baja ringan. Apapun desain dan material yang dipilih, Anda bisa menentukan sesuai dengan biaya yang tersedia.

Desain Kanopi

Memilih material dan juga desain harus dilakukan sejak awal, jika terburu-buru Anda tidak akan mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, konsultasikan juga dengan jasa pemasangan kanopi, karena mereka akan membantu perencanaan hingga menyelesaikan pembangunannya. Anda mungkin perlu mempertimbangkan membuat kanopi kaca untuk desain modern yang mewah.

Macam-Macam Desain Kanopi Terbaik untuk Teras Rumah

Desain Kanopi Terbaik

Diantara berbagai macam material kanopi, kaca seringkali diremehkan penggunaannya. Para pemilik takut akan kerusakan yang muncul karena menggunakan genteng dari kaca. Kaca adalah material yang mudah pecah, hal ini benar jika Anda tidak menggunakan kaca tempered. Material kaca ini adalah yang paling kuatĀ di antara kaca lainnya.

Kanopi kaca tempered tahan terhadap panas, benturan, perubahan cuaca dan kerusakan lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menciptakan kanopi kaca, maka kaca tempered adalah bahan utamanya. Daripada bingung, pilih beberapa desain kanopi baik menggunakan kaca atau bahan lainnya untuk teras rumah berikut ini:

  • Desain minimalis

Desain minimalis

Ingin memiliki kanopi dengan desain minimalis? Anda bisa memilih desain ini. Kanopi dengan struktur baja ringan yang dicat warna putih akan membuat tampilan menjadi lebih minimalis. Kanopi ditambahkan dengan tiga kaki untuk memperkuat atapnya. Agar sinar matahari tidak langsung masuk maka dipilih jenis kaca es yang memiliki warna buram. Teras dengan kanopi ini tidak hanya bisa digunakan pada teras depan rumah tetapi juga halaman belakang karena ukurannya yang cukup luas.

  • Desain kontemporer

Desain kontemporer

Ingin mendapatkan suasana yang baru dengan desain kontemporer? Anda bisa mengaplikasikannya pada kanopi di rumah dengan mengandalkan material kayu dan juga kaca. Kayu akan menekankan kesan alam yang memberi kehangatan khas desain klasik. Sedangkan kaca memberikan kesan modern, jika Anda menggabungkan kedua material ini maka desain kontemporer pun akan muncul. Jenis kayu yang digunakan haruslah sawn timber dengan ukuran yang besar. Kayu juga harus berkualitas seperti kayu jati, merbau bahkan sonokeling.

  • Desain klasik

Desain klasik

Kanopi yang satu ini masih menggunakan desain klasik yaitu menggunakan material kayu dan juga kain kanvas. Bentuknya sangat klasik karena struktur dibuat dari kayu yang besar baik rangka atap dan juga tiang kanopi. Penggunaan kain kanvas untuk menghalangi sinar matahari langsung mengenai orang yang duduk di bawahnya. Kekurangan dari kanopi ini adalah tidak bisa digunakan pada saat musim hujan. Kain tidak bisa menampung air hujan dan melindungi teras rumah.

  • Desain modern

Desain modern

Selain minimalis, desain yang paling banyak dipilih adalah modern karena mampu memberikan kesan elegan. Pada desain ini, Anda bisa membuat kanopi kaca yang menggunakan struktur baja ringan atau baja. Cat yang digunakan untuk struktur adalah warna hitam. Pilihan kata temperedĀ untuk atap kanopi yang lebih kuat. Anda bisa membuat ruangan ini lebih menarik pada musim hujan karena sifat kaca tempered yang transparan. Tetesan air hujan bisa dilihat dari atap kanopi ini ketika Anda duduk di teras.

Jenis kanopi manakah yang akan Anda pilih? Apapun desain dan materialnya pastikan Anda sudah membuat perhitungan yang tepat sebelum membuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *